Senin, 29 April 2013

Topi Saya Bundar in My Class Today :)

"topi saya bundar
bundar topi saya
kalau tidak budar 
bukan topi saya "

 Masih ingat tidak dengan lagu diatas? Ini lagu anak-anak yang populer di Indonesia kalau menurut saya. Dari jaman saya TK sampai sekarang udah jadi guru, lagu ini masih sering dinyanyikan oleh anak-anak di sekolah. Dan tidak cuma anak-anak Indonesia, anak-anak bule hari ini juga belajar menyanyikan lagu "Topi Saya Bundar"

Hari ini di kelas Bahasa Indonesia, saya mereview beberapa kata-kata benda dan sifat yang sudah anak-anak pelajari di kelas term ini. Idenya dengan menggunakan lirik lagu dan gerakan-gerakan yang anak-anak ciptakan sendiri dari kata-kata yang mereka pelajari. 
Seperti biasa anak-anak duduk dalam lingkaran dan saya memperkenalkan lagu "topi saya bundar" beserta gerakannya. Tak lupa juga membahas arti lirik lagu ini dalam bahasa inggris. Karena lirik lagu yang pendek dan irama yang catchy, anak-anak dengan mudah mengikuti. 
Nah, bagian yang serunya adalah ketika anak-anak menciptakan lirik dan gerakannya sendiri. So, mereka harus mengganti kata benda (topi) dan kata sifat (bundar) pada lagu. Di papan tulis sudah saya tuliskan sebelumnya beberapa kata benda dan kata sifat untuk membantu memberi mereka ide. 

Akhirnya tibalah saat "Dengarkan dan Ikuti Temanmu". Kami berdiri dalam lingkaran dan satu persatu anak-anak menyanyikan lagu dan gerakan versi mereka. Salah satu yang lucu adalah Ben's "gajah saya sexy"
Inilah liriknya :

gajah saya sexy
sexy gajah saya
kalau tidak sexy
bukan gajah saya

Dan masih banyak yang lucu-lucu dan manis lainnya. What a fun class this morning, lots of laugh ^_^ 
Karena hari ini tidak semua sempat menampilkan lagu mereka, maka kita akan melanjutkannya besok. Sebagai PR mereka bisa membuat lagi lagu versi mereka dirumah, but still the appropriate ones. Salah satu hal yang paling menyenangkan menjadi seorang guru adalah ketika anak-anak begitu bersemangat dan senang dengan PRnya dan tentu saja dengan harapan mereka mengerjakan PRnya dengan baik dan PR itu bisa bermanfaat buat mereka tanpa menghilangkan sisi "FUN"nya :)


Tidak ada komentar: