Rabu, 01 Mei 2013

Fun Wednesday


Tahun ini di kelas kami, seminggu sekali kami akan mengadakan pelajaran khusus yang biasanya tentang kewirausahaan atau kesehatan and keterampilan sosial. Biasanya kami pilih jam terakhir di hari rabu. Hal-hal yang kami bahas adalah bagaimana cara berinteraksi secara sosial dengan teman, tanggung jawab dan nilai-nilai moral lainnya. Tak lupa pula tentang pubertas secara ilmiah maupun sosial, mengingat di kelas 5 ini rata-rata usia anak-anak 9-11 tahun, segera mereka akan menginjak remaja dan tahun depan udah akan beranjak ke middle school/SMP. Banyak hal-hal lucu yang muncul saat kami tiba pada pembahasan pubertas ini. Yang mana cukup penting loh diketahui anak sejak awal. 

Hal lain yang kami lakukan di rabu sore adalah Enterprise atau kewirausahaan. Apa itu enterprise? Kami belajar bagaimana memulai bisnis kecil-kecilan. Dari merencanakan, mendesain, mengerjakan, menghitung laba, promosi dan lainnya dikerjakan anak-anak, dengan bantuan guru dan staff sekolah tentunya. Adapun keuntungan dari bisnis ini mereka akan sumbangkan ke sekolah untuk membantu anak-anak yang mendapat beasiswa dan sedikitnya digunakan untuk melanjutkan bisnis yang kami bangun.


Selama setahun kelas kami mendapat bagian mengurus ayam sekolah. Sebenarnya proyek perternakan ayam ini dimulai dua tahun lalu oleh kelas 5 sebelumnya. Waktu itu proyek kami adalah mendesain dan membangun kandang ayam untuk sekolah. Dan sejak tahun lalu perternakan ayam ini berjalan dan sudah beberapa kali berganti ayam, karena yang kami pelihara adalah ayam petelur. Sejak 3 minggu ayam kami telah diganti dari ayam petelur biasa menjadi ayam kampung. Anak-anak senang sekali. 
Setiap pagi anak-anak secara bergantian akan bertugas mengurus ayam-ayam kami, dari mengecek persediaan makanan, air minum, kebersihan kandang dan yang paling asyik itu mengambil telur. 

Tidak ada komentar: